Diberdayakan oleh Blogger.
 
Minggu, 02 Oktober 2016

pengertian kebakaran hutan

0 komentar

Memahami Apa Itu Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan bukan menjadi peristiwa asing di negeri ini, bahkan hampir setiap musim kemarau selalu ada titik kebakaran di berbagai wilayah dan pulau. Jika ini terjadi terus menerus tentunya akan sangat membahayakan mengingat hutan menjadi paru-paru dunia yang memiliki peran sangat penting untuk kehidupan manusia.

Ketika terjadi kebakaran maka udara akan tercemar, jika terus dihirup maka akan menimbulkan dampak negativ pada kesehatan bahkan hingga mengalami kematian. Belum lagi jika kualitas udara yang buruk menjadikan suatu wilayah menjadi berkabut sehingga ketika siang haripun akan terlihat kabut dan gelap. Ini tentu akan mengganggu aktivitas masyarakat termasuk dalam berkendara. Untuk itulah kita harus memahami benar mengenai kebakaran hutan, penyebab dan cara penanggualangannya. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya..

Pengertian Kebakaran Hutan


Kebakaran yang terjadi di hutan ini merupakan suatu keadaan dimana hutan tersebut terkena api dalam jumlah besar yang akan menimbulkan banyak dampak negativ seperti kerusakan ekosistem dan terancamnya lingkungan yang sehat. Penyebab adanya titik api di dalam hutan ini juga terjadi karena beberapa hal baik itu unsur kesengajaan atau ketidak sengajaan.

Penyebab Kebakaran Hutan


Penyebab terjadinya kebakaran ini sangat beragam baik dari ulah manusia sendiri maupun karena faktor alam. Faktor yang sering kali kita dengar pada kasus kebakaran hutan adalah karena aktivitas pembukaan lahan oleh masyarakat pedalaman yang dekat dengan hutan. Hal ini terjadi karena faktor ekonomi yang menjadikan mereka tidak ada pilihan lain selain membuka lahan baru untuk digunakan bercocok tanam. Mereka tentu tidak memikirkan apa dampak yang terjadi yang terpenting mereka memiliki lahan baru untuk mencari penghasilan.
Bisa juga pembakaran tersebut dilakukan secara sengaja karena sebuah konflik tertentu, baik itu bentuk protes kepada pemerintah atau konflik dengan beberapa pihak yang menggunakan kebun atau lahan disekitar mereka untuk menanam sawit sehingga para masyarakat merasa dirugikan. Akibatnya mereka memilih untuk membakar lahan tersebut sebagai wujud protes mereka.
Bebera oknum tertentu yang ingin merebut lahan dari masyarakat juga dengan sengaja membakar lahan miliki masyarakat untuk menjatuhkan nilai jualnya. Nantinya mereka akan membeli dengan harga murah lahan yang sudah dibakar tersebut.
Selain karena ulah manusia, beberapa faktor alam juga menjadi penyebab utama kebakaran hutan seperti adanya sambaran petir yang menimbulkan percikan api pada pohon kering yang akhirnya menyebar ke pohon lainnya dan meluas. Juga faktor cuaca kemarau yang menjadikan hawa sangat panas, letusan gunung berapi dan arena kebakaran dibawah tanah pada tanah gambut.

Cara Penanggulangan Kebakaran Hutan


Untuk mencegah atau mengatasi bencana tersebut maka pemerintah harus bertindak lebih tegas dengan memberikan hukuman seberat-beratnya kepada pihak yang dengan sengaja membakar hutan untuk kepentingan pribadi.
Jika permasalahannya adalah perekonomian rendah maka pemerintah bisa memberikan kesempatan untuk mereka bekerja dengan layak baik dengan diberi modal atau diberi lapangan pekerjaan agar mereka tidak lagi membuka lahan untuk mencari pendapatan. Masyarakat juga harus diberi pemahaman mengenai pentingnya hutan untuk kehidupan manusia agar mereka tidak lagi dengan mudah merusak alam.
Jika sudah terjadi kebakaran hutan maka sebaiknya pemerintah melakukan banyak tindakan agar kebakaran tidak meluas baik dengan membasahi titik-titik hutan dengan cara manual atau dengan membuat hujan buatan.
Setelah membaca ulasan diatas tentunya kita lebih paham seperti apa kebakaran hutan itu, mulai dari penyebab dan bagaimana cara mengatasinya. Hutan memang menjadi organ vital dalam kehidupan makhluk hidup yang sudah semestinya dijaga dan dilestarikan sebaik mungkin.

Leave a Reply

 
Alat Pemadam Kebakaran © 2011 Tabung Pemadam Kebakaran & Alat Pemadam Kebakaran. Supported by Alat Pemadam Kebakaran

You can add link or short description here